Galaunya Mahasiswa


Mahasiswa galau? kayanya sudah menjadi rutinitas bagi seorang mahasiswa untuk galau. Banyak tugas galau, penelitian galau.

Bicara galau, sudah pada tahu apa yang dimaksud “galau”? saya juga bingung definisi baku dari kata tersebut. Sudah dicari tidak ada definisi kata “galau” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tapi menurut saya galau merupakan kondisi jiwa dalam kondisi kebingungan tanpa tujuan yang jelas. Salah satu penyebab kegalauan mahasiswa adalah tugas kuliah, penelitian dan menjadi apa setelah menyandang gelar sarjana. Yang kita bahas kita fokuskan menjadi apa setelah menyandang gelar sarjana.

Pilihan pertama Pengangguran? Siapa yang mau jadi pengagguran? Menurut BPS dalam detik finance 2012 tercatat ada 7,61 juta warga Indonesia pengagguran, angka ini tentu mencengangkan. Tapi saya meyakini bahwa para sarjana hanya belum menemukan pekerjaan yang belum tepat. 

Pilihan kedua, Sarjana Biasa adalah sarjana yang setelah lulus kerja seperti orang umumnya, hidup seperti orang pada umumnya. Tak ada yang salah dengan pilihan ini.

Pilihan ketiga, Sarjana Luar Biasa. Kenapa dikatakan Luar Biasa? hal ini dikarenakan sikap kerja keras, melawan arus untuk mencapai kesuksesan. Sukses bagi tiap orang beda, pilihan kedua pun bisa dianggap sukses bagi orang tertentu.

Pilihan Keempat, Sarjana Beruntung. Dikatakan beruntung karena semasa kuliah dia hanya biasa-biasa saja, tak ada yang menonjol, akan tetapi dia mendapatkan pekerjaan yang diimpikan oleh orang lain. Dosen yang mengajar Enterprenuer di Kampus saya (Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat) menyatakan kalau anda mau beruntung kita harus berpikir positif terhadap apa yang terjadi. Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung.

Keputusan akhir adalah Tuhan dan kita yang tentukan. Mereka yang berusaha pasti akan memperoleh hasil terbaik, mereka yang bersikap seadanya pasti akan memperoleh hasil yang seadanya. @_@
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com